Cara Print Bolak Balik di Word untuk Cetak Makalah biar Hemat Kertas

Halo bosquu, selamat datang di merdekablog.com, Pada kesempatan ini admin akan membahas Cara Print Bolak Balik di Word untuk Cetak Makalah biar Hemat Kertas untuk kalian semua.

Cara mengetik maju dan mundur di Microsoft Word. Cara yang efektif untuk menghemat kertas adalah dengan mencetak pada kedua sisi. Anda dapat melakukannya dengan mencetak pada kedua sisi kertas.

Dengan cara ini Anda dapat menghemat kertas, terutama jika Anda perlu mencetak puluhan atau ratusan halaman.

Namun, Anda juga memerlukan printer yang mendukung pencetakan dupleks dokumen Word dan Excel. Epson, HP, Canon, Samsung dan beberapa printer lainnya dianggap berfungsi.

Cara Print Bolak Balik di Microsoft Word

Cara Print Bolak Balik di Word

Cara Print Bolak Balik secara Otomatis

Jika printer Anda sudah mencetak di kedua sisi, Anda dapat langsung mencetak dokumen Anda. Beberapa jenis printer juga menawarkan pengaturan otomatis untuk mencetak dokumen dua sisi tanpa pengaturan manual.

Untuk mengaktifkan fitur ini, periksa menu dupleks yang Anda lihat di bagian bawah pengaturan printer. Jadi Anda tidak perlu repot mengurus pencetakan dokumen yang panjang.

Namun, jika printer tidak mendukung fungsi otomatis, konfigurasi manual diperlukan. Caranya adalah dengan mengubah default menjadi duplex printing.

Cara Print Bolak Balik secara Manual

Jika printer Anda tidak mendukung pencetakan dupleks, Anda masih dapat mencetak secara manual di kedua sisi dokumen Anda. Dengan pencetakan dupleks manual, Microsoft Word mencetak secara bergantian di kedua sisi selembar kertas. melangkah:

Mencetak pada kedua sisi Microsoft Word

  1. Masukkan dialog cetak

    Masukkan dialog cetak di bawah aplikasi printer.

  2. Pilih Yes

    Selanjutnya, dalam menu “Cetak di kedua sisi”, pilih “Ya Balik”.

  3. pilih “Dupleks Manual,”

    Gulir ke bawah dan pilih “Dupleks Manual,” lalu simpan pengaturan Anda.

  4. Kembali ke dokumen

    Kembali ke dokumen di Word. Mencetak dokumen dan kata-kata akan memandu Anda memuat halaman untuk dicetak di sisi kertas berikutnya.

Artikel Lainnya :   Cara Mempercepat Kinerja Windows agar Lebih Maksimal anti Lemot

Selain metode yang dijelaskan di atas, ada cara lain untuk mencetak dokumen secara manual. Selain itu, metode berikut paling efektif dalam artikel, jurnal, disertasi, dll. Berkat halaman tambahan di bawah atau di atas. Berikut cara mencetak di kedua sisi:

  • Buka dokumen di Word.
  • Klik Cetak pada menu.
  • Selanjutnya, pilih opsi atau cetak halaman terpisah dengan kata yang sama.
  • Kemudian klik OK untuk mencetak halaman.
  • Kemudian masukkan kertas ke dalam printer.
  • Mari kembali ke dokumen Word. Pilih Cetak Halaman Bernomor Acara dan tekan OK untuk mencetak halaman di sisi lain kertas.

Perlu di perhatikan :

Jika Anda ingin print bolak balik secara manual, Anda harus memahami fungsi feeder. Coba muatkan beberapa kertas untuk memeriksa pasokan kertas ke printer sebelum mencetak halaman satu per satu.

Pertama, metode di atas agak sulit untuk diterapkan. Berbeda dengan penjaga mesin fotokopi (pengusaha percetakan), mereka tentu sudah berpengalaman dan terbiasa menggunakan salah satu cara di atas.

Selain itu, metode pencetakan dupleks yang disebutkan di atas memiliki efek positif pada alam, karena membatasi penggunaan kertas. Hemat kertas = jaga masa depan.

Cara Mengetahui Fungsi Printer

Selum Anda mempelajari cara mencetak di kedua sisi, ada baiknya Anda memahami kemampuan unit dupleks. Berikut adalah beberapa cara yang dapat Anda lakukan:

Microsoft Word

Instruksi singkat yang dapat dilihat langsung di Microsoft Word. Untuk melakukannya, klik “Cetak” dan cari bidang yang bertuliskan “pencetakan 2-sisi”, seperti “2-sisi”, “2-sisi”, atau “2-sisi”. Pastikan untuk memeriksa pengaturan atau preferensi dalam menu Cetak sebelum mencetak.

Buku Manual

Panduan printer berisi informasi tentang fitur printer. Panduan untuk memeriksa apakah printer mendukung pencetakan dupleks.

Artikel Lainnya :   Cara Menggunakan KingRoot Untuk Root Semua Tipe HP Android

Internet

Jika metode di atas tidak berhasil, cari di Internet untuk informasi tentang printer Anda. Yang harus Anda lakukan adalah mengunjungi situs web resmi produsen pintar atau Google nomor seri printer Anda.

Artikel lainnya:

Nah, cara print bolak balik dari printer tidak semudah itu, sekarang tidak perlu repot lagi, semoga berhasil, terima kasih.