Cara Menggunakan Recuva: Kembalikan File & Data yang Terhapus

Halo pengunjung setia merdekablog.com! Pada kesempatan kali ini admin akan membahas cara menggunakan Recuva. Mungkin sebagian orang awam belum begitu mengetahui tentang aplikasi Recuva.

Jika pengunjung disini pasti sudah mengetahui dan menginstallnya, namun pengunjung masih bingung bagaimana cara menggunakannya. Tapi sebelum itu mari kita kenali dulu apa itu recuva beserta fitur dan kegunaannya.

Mengenal Aplikasi Recuva

Cara Menggunakan Recuva

Recuva adalah program freeware kecil yang dapat digunakan untuk memulihkan foto, musik, dokumen, video atau jenis file lainnya pada hard drive, kartu memori, floppy disk, iPod, pemutar MP3 atau stik USB.

Saat pengunjung menghapus file Windows, banyak file yang biasanya disimpan, meskipun tidak dapat ditampilkan di Windows Explorer. Recuva mencari media (kecuali CD, DVD, dan media optik lainnya) dan mengemas bagian-bagiannya.

Sehingga pengunjung dapat memulihkan file yang pengunjung butuhkan. Recuva juga memiliki fungsi khusus untuk menghapus file yang dipulihkan dengan aman.

Anda mungkin telah menghapus dokumen rahasia dengan cara biasa (mengosongkan sampah atau memilih file dan menekan tombol Delete). Jenis penghapusan ini memungkinkan pengguna lain untuk memulihkan file.

Fungsi Aplikasi Recuva

  • Pulihkan dokumen Microsoft Word yang belum disimpan. Entah itu hang di Microsoft Word atau komputer mati tiba-tiba.
  • File gambar khususnya memiliki fungsi pratinjau file.
  • Ada fungsi pencarian mendalam untuk fungsi pencarian yang lebih dalam untuk file yang dihapus.
  • Anda dapat memulihkan file dari media penyimpanan yang diformat atau rusak.
  • Secara khusus, pulihkan email yang dihapus di Outlook Express, Windows Live Mail, dan di klien email Mozilla Thunderbird.
  • Anda dapat memulihkan file musik iPod.

Cara Menggunakan Recuva untuk Memulihkan Data

Nah, setelah membahas aplikasi ini, saatnya untuk mengeksekusinya menggunakan Recuva, berikut langkah-langkahnya.

  1. Pertama, pastikan pengunjung memiliki aplikasi Recuva. Jika pengunjung belum memilikinya, pengunjung dapat mengunduhnya di sini.
  2. Kemudian jalankan program Recuva dan tekan [Next].
  3. Pilih jenis file yang akan dipulihkan. Jika pengunjung membutuhkan semua file, pilih Semua file. Setelah dipilih, klik Next untuk melanjutkan.
  4. Selanjutnya, pilih drive atau folder yang ingin pengunjung pulihkan. Jika pengunjung mengklik [Next], klik [Browse] dan pilih folder tujuan.
  5. Di jendela berikutnya, aktifkan opsi Aktifkan pemindaian jarak jauh. Hal ini untuk memaksimalkan pencarian file yang hilang. Kemudian klik tombol Start untuk memulai pencarian.
  6. Pencarian file sedang berlangsung di sini. Proses cepat atau lambat tergantung pada ukuran file atau data yang akan dipulihkan.
  7. Ketika pencarian selesai, file yang ditemukan akan ditampilkan. Di sini pengunjung dapat melihat nama file dan statusnya.
  8. Klik kolom Status untuk mengurutkan file berdasarkan status, lalu pilih Alihkan mode lanjutan untuk melihat opsi lainnya. Deskripsi: Merah: Tidak, Hijau: Kemungkinan untuk pulih
  9. Dalam mode lanjutan, pengunjung dapat mencari format file tertentu dengan memasukkan (kaca pembesar) di bidang pencarian. Contoh: .jpg, .mp3, .dx dll. pengunjung juga dapat mengklik tanda panah di kolom pencarian.
  10. Di sisi kanan ada jendela pratinjau di mana file yang akan dipulihkan ditampilkan. Namun, ini hanya preview dari file gambar.
  11. Setelah memilih file yang akan dipulihkan, centang kotak dan klik tombol Pulihkan. Selanjutnya, tentukan lokasi file yang dipulihkan. Catatan: Pilih media lain untuk menyimpan file pemulihan. Misalnya, jika pengunjung melakukan pemulihan data untuk D, simpan hasil pemulihan ke drive atau flash yang berbeda dari D untuk mencegah file lain ditimpa.
  12. Kemudian klik OK untuk menyimpan.
Artikel Lainnya :   Kumpulan Kode Penukaran Higgs Domino Fresh Terbaru Hari ini

Penutup

Demikian pembahasan admin tentang Cara Menggunakan Aplikasi Recuva yang telah admin jelaskan pada artikel kali ini. dengan langkah-langkah di atas, apa yang dapat pengunjung coba lakukan. Semoga beruntung.