Cara Mengatasi Laptop Hang, Lemot dan sering Ngelag Tanpa Instal Ulang

Halo bosquu, selamat datang di merdekablog.com, Pada kesempatan ini admin akan membagikan tips Cara Mengatasi Laptop Hang atau eror untuk kalian semua.

Seiring dengan smartphone, laptop atau komputer merupakan alat yang penting bagi seseorang. Karena smartphone diprogram oleh komputer, komputer adalah alat utama untuk membuat perangkat lain.

Nah, saat menggunakan komputer, kita sering menjumpai situasi lemot, panas, gagap dan tidak jarang kita merasa stuck di laptop atau PC.

Ini sering terjadi pada versi Windows yang lebih lama seperti Windows Vista dan versi yang lebih baru seperti Windows 11.

Penyebab Laptop Hang, Lemot dan Sering Ngelag

Cara Mengatasi Laptop Hang

Terkadang Laptop Hang bisa mengganggu kita, terutama saat kita sedang terburu-buru, saat ingin mempresentasikan atau mengatur tugas.

Nah, berdasarkan situasi di atas, kami hadir untuk memberikan solusi bagaimana cara mengatasi laptop yang rawan freeze, namun sebelum kita memulai pembahasan, ada baiknya untuk mengetahui terlebih dahulu penyebab laptop Anda mengalami freeze.

Shutdown laptop adalah peristiwa di mana komputer tidak dapat memulai proses atau terjadi kesalahan sistem saat komputer berjalan karena beberapa alasan.

Berikut alasan dan hal yang harus kita hindari saat menggunakan laptop atau komputer.

Terlalu banyak Software diinstal

Semakin banyak program yang Anda instal, semakin banyak program dan layanan yang diluncurkan Windows saat startup.

Ketik msconfig di menu startup untuk memanggil Konfigurasi Sistem untuk menonaktifkan program dan layanan startup secara otomatis.

Selanjutnya, pada tab “Layanan dan startup”, nonaktifkan aplikasi yang tidak diinginkan. Anda dapat menggunakan alat Process Explorer untuk melihat aplikasi yang sedang berjalan.

Dengan alat ini, Anda dapat melihat dan menonaktifkan aplikasi yang tidak diinginkan atau mencurigakan (berhenti).

Artikel Lainnya :   Rekomendasi Game Action PC Grafik Real Paling nyata dan Ringan 2022

Ram atau Memori Kecil

Laptop beku menjadi masalah karena tidak ada RAM yang terpasang. Ini adalah sesuatu yang semua pengguna laptop tahu.

Oleh karena itu, periksa ukuran memori yang terpasang. Untuk aplikasi standar pada sistem operasi Windows XP dan laptop dengan prosesor Intel Pentium 4, disarankan untuk meningkatkan RAM minimal 1 GB.

Terlalu Banyak Program Berjalan

Program keamanan seperti program antivirus dan firewall adalah aplikasi opsional yang dapat digunakan di laptop. Namun, berhati-hatilah untuk tidak menggunakannya secara berlebihan. Misalnya, menginstal beberapa program antivirus secara bersamaan.

Hardisk yang bermasalah

Harddisk merupakan komponen kedua setelah RAM yang dapat menyebabkan laptop anda mogok. Masalah pembekuan hard drive laptop meliputi:

  • Hardisk Penuh.
  • Bad sector
  • Hard disk yang terdefrag.
  • Hard disk sudah tua, Rpm menurun.

File Sistem Rusak atau Error

Hal ini biasanya terjadi setelah laptop terinfeksi virus, ketika file yang terinfeksi telah rusak atau terhapus. Solusi termudah adalah dengan mengembalikan sistem operasi yang Anda gunakan.

Adanya virus, malware atau spyware

Jika laptop Anda terinfeksi virus atau malware, Anda harus memulai Mode Aman Windows, mematikan Pemulihan Sistem, dan menggunakan program penghapusan virus.

File yang Membengkak

Alasan laptop ngehang berikutnya adalah peningkatan file sementara. Pada Windows XP, file terletak di folder C:\Documents and Settings\Username_User\Local Settings\Temp dan C:\WINDOWS\Temp.

Untuk membersihkannya, hapus file di mana saja, atau klik Jalankan untuk menjalankan Pembersihan Disk. Ketik “cleanmgr” dan pilih disk yang akan dibersihkan.

Over Heat/ Panas

Overheating hard drive yang terjadi pada hard drive, kartu grafis, prosesor, atau CPU dapat memengaruhi kinerja laptop dan menyebabkannya mati, melambat, atau restart secara otomatis.

Artikel Lainnya :   Cara Salin ID Free Fire dan Mengembalikan Akun yang diambil Orang lain

Untuk melakukan ini, pastikan aliran udara dan kipas pada CPU berfungsi dengan baik agar tidak berdebu dan berjalan dengan lancar.

Cara Mengatasi Laptop Hang, Lemot dan sering Ngelag Tanpa Instal Ulang

Mengatasi Laptop sering Lag

Untuk mengatasi masalah ini, lakukan hal berikut:

  • Tekan Ctrl + Shift + Esc, pilih program yang tidak merespons dan klik Akhiri Tugas.
  • Untuk metode lain, tekan Ctrl + Alt + Del dan pilih opsi. Untuk mengakhiri program, pilih “Task Manager” dan ikuti langkah-langkah di atas.
  • Setelah itu, laptop biasanya kembali normal.

Laptop hang saat memasuki BIOS

  • Reboot laptop Anda terlebih dahulu, lalu masuk ke mode BIOS. Setiap laptop memiliki kunci yang berbeda ketika beralih ke mode BIOS, tergantung pada merek laptop.
  • Saat mengakses layar BIOS, pilih [Advanced BIOS Features] dan cari cache BIOS. Dalam hal ini, nonaktifkan opsi ini.
  • Kemudian tekan F10 untuk menyimpan dan login.

Laptop Hang saat dihidupkan

Laptop tiba-tiba bisa hang saat memulai Windows. Mungkin ada beberapa alasan untuk ini:

  • Ada masalah dengan program Windows. Sistem file mungkin hilang, berbahaya, atau terinfeksi virus. Gunakan CCleaner untuk memindai registri dan mencari virus di program antivirus Anda.
  • RAM dan kipas kotor. Solusinya bersihkan RAM dengan penghapus, kuas, atau penyedot debu. Jika ragu, konsultasikan dengan spesialis yang memiliki reputasi baik. Metode analisis lain lebih baik.
  • Ini mungkin karena masalah dengan motherboard. Jika Anda mencoba untuk meningkatkan, harap hubungi ahlinya.

laptop Hang saat Main Game

Ada beberapa alasan lain mengapa laptop hang saat bermain game.

  • Spesifikasi notebook tidak memumpuni.
  • Kipas laptop mati.
  • Masalah harddisk.
  • CPU dan kartu VGA panas.
  • RAM atau kartu VGA buruk.
Artikel Lainnya :   Cara Mengaktifkan Mode Gelap (Dark Mode) Twitter di Android & Dekstop

Cara mengatasinya sebagai berikut:

  • Atur spesifikasi laptop agar sesuai dengan spesifikasi game Anda.
  • Pasang pendingin tambahan pada laptop (kipas angin, dll)
  • Periksa driver kartu VGA dan penggunaan RAM.
  • Hapus permainan.

Artikel lainnya:

Nah, itulah pembahasan kami tentang Cara Mengatasi Laptop Hang, Lemot dan sering Ngelag Tanpa Instal Ulang yang kami uraikan pada artikel kali ini. Dengan langkah-langkah di atas, Anda bisa mencobanya di komputer atau laptop Anda di rumah.

Terima kasih telah mengunjungi website kami. Lihat artikel kami yang lain karena kami menawarkan banyak tips, trik, dan panduan tentang teknologi terbaru. Terima kasih.

/* */